Rabu, 16 November 2011

BERFIKIR KREATIF KREATIF HANYALAH SEBUAH KATA PENDEK DAN SEDERHANA NAMUN BERKAT PEMIKIRAN KREATIF, KESUKSESAN BESAR

Tugas :kelompok
Dosen : Ir. Hj Nuraini Rasyid ,Msi
BERFIKIR KREATIF
KREATIF HANYALAH SEBUAH KATA PENDEK DAN SEDERHANA NAMUN BERKAT PEMIKIRAN KREATIF, KESUKSESAN BESAR
                                                                                                     

  




DISUSUN OLEH   :   KELOMPOK  II
                                AGUS SALIM    
                                 10596 009 09


JURUSAN AGRIBISNIS
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASS
2011
KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan kepada allah swt, karena atas berkat, rahmat ,hidayah serta junjungannnyalah sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini (Kreatif” hanyalah sebuah kata pendek dan sederhana. Namun, berkat pemikiran kreatif, kesuksesan besar). Makalah ini kami buat sebagai bahan diskusi  untuk mengikuti mata pelajaran Berfikir kreatif.
Shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw ,Para Rasul dan keluarganya .Termasuk segala upaya manusia demi keselamatan  umat yang dilandasi kemaslahatan yang dilandasi keihlasan dan hanya mengharap ridha Allah swt, termasuk menulis dan menyabarkan ilmu yang bermanfaat.
Akhir kata ,tiada gading yang tak retak ,demikian pula dalam makalah ini ,masih jauh lebih sempurna dibandingkan dengan makalah  yang lainnya.Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun tetap kami nantikan demi kesempurnaan laporan ini .



                                                                  Makassar,  31 Mei 2011


penyusun



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.........................................................................................i
DAFTAR ISI......................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN...................................................................................1
BAB II PEMBAHASAN....................................................................................3
A.    Berpikir Kreatif........................................................................................3
B.     Pentingnya Kreativitas Dalam Kehidupan...............................................4
C.     Pentingnya Kreativitas Dalam Berbisnis.................................................6
BAB III KESIMPULAN....................................................................................8
DAFTAR PUSTAKA.........................................................................................9













BAB I
PENDAHULUAN
Kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada.
Dari sudut pandang keilmuan, hasil dari pemikiran kreatif (kadang disebut pemikiran divergen) biasanya dianggap memiliki keaslian dan kepantasan. Sebagai alternatif, konsepsi sehari-hari dari kreativitas adalah tindakan membuat sesuatu yang baru.
Kata kunci dari kreativitas adalah “baru”. Yang dimaksud dengan baru, bukanlah benar-benar baru (dari tidak ada menjadi ada). Bisa jadi merupakan modifikasi, gabungan, atau pengurangan dari konsep yang sudah ada. Hal ini penting ditekankan, karena jika kita salah pengertian tentang definisi “baru”, maka kita tidak akan pernah menjadi kreatif karena kita beranggapan bahwa kita tidak mungkin bisa menghasilkan hal yang baru.
Hasil dari kreativitas adalah ide, gagasan, atau konsep. Bukan benda. Benda atau perwujudan lainnya ialah kelanjutan dari kreativitas. Orang kreatif adalah orang yang mempu menghasilkan ide yang banyak. Sekali lagi, baru dalam tataran ide. Bukan berarti tidak perlu diwujudkan, tetapi itu adalah dalam bahasan lain. Jika kita bicara masalah kreativitas, maka kita bicara tentang bagaimana menghasilkan ide.
Tentu saja, setelah ide atau gagasan ada, yang perlu kita lakukan ialah mengevaluasi ide atau gagasan yang sudah kita hasilkan sehingga kita bisa memilih ide atau gagasan mana yang paling baik atau paling memberikan nilai. Kemudian, barulah kita memproses perwujudan ide tersebut menjadi karya nyata. Jika karya nyata ini bisa diterima dan memberikan manfaat bagi masyarakat, maka inilah yang disebut dengan inovasi. Inovasi adalah sesuatu yang baru yang memberikan perubah positif bagi seseorang atau sesuatu.
Sekarang bisa kita dengan jelas, memang yang diperlukan oleh kita dan masyarakat adalah inovasi. Namun untuk meraih tahap inovasi, sebelumnya diperlukan sebuah kreativitas terlebih dahulu. Tidak akan ada kreativitas tanpa inovasi. Jadi kesimpulannya, kita memerlukan kreativitas sebagai langkah awal menuju inovasi, baik bagi kehidupan sehari-hari, bisnis, pekerjaan, maupun dalam semua aspek hidup lain. Tingkatkan kreativitas Anda disini.




BAB II
PEMBAHASAN
A.           Berpikir Kreatif
Kreatif” hanyalah sebuah kata pendek dan sederhana. Namun, berkat pemikiran kreatif, kesuksesan besar, semisal kemajuan teknologi, industri, dan bidang lain, terjadi. Tidak berlebihan bila dikatakan, berpikir kreatif merupakan kunci keberhasilan.
Berikut ini cara yang bisa dicoba untuk berpikir kreatif:
a.      Berpikir, semua bisa dilakukan
Yakinlah, sesuatu yang akan kita kerjakan mampu kita selesaikan. Artinya, harus optimis. Buang ungkapan bernada pesimis. Pernyataan optimis melatih kita berani masuk ke persoalan. Pola pikir pun berkembang, karena dipaksa memeras otak untuk mewujudkan tekad itu.
b.      Hilangkan cara berpikir konservatif
Pola berpikir konservatif ditandai dengan kekhawatiran untuk menerima perubahan, meski perubahan itu menguntungkan. Karena ingin mempertahankan gaya konservatif, perubahan ditanggapi secara dingin, bahkan dipersepsikan sebagai ancaman. Karena merasa nyaman atau diuntungkan dengan cara konservatif, ketika dituntut untuk mengubah pola pikir, kita takut akan mengalami kerugian.
Hendaknya disadari, cara berpikir konservatif memasung pemikiran kreatif karena pikiran dibekukan oleh sesuatu yang statis. Padahal dalam berpikir kreatif unsur statis semestinya dihilangkan. Mulailah berpikir dinamis, dengan terus mengolah pemikiran untuk menemukan pola pikir efektif.
c.      Cara mengurangi atau menghilangkan pola berpikir konservatif.
Pertama, terbuka terhadap masukan. Masukan adalah bahan mentah sangat berharga. Lalu, kita mengolahnya menjadi “barang jadi” lewat pemikiran kreatif. Jadi, jangan takut dengan ide, usulan, bahkan kritik. Karena semua itu merangsang kita berpikir kreatif.
Kedua, mencoba pekerjaan atau hal di luar bidang kita. Untuk ”memperkaya” diri, pola pikir juga perlu menghadapi sesuatu yang berbeda dari biasanya.
B.            Pentingnya Kreativitas Dalam Kehidupan
Dalam kehidupan ini kreativitas sangat penting, karena kreativitas merupakan suatu kemampuan yang sangat berarti dalam proses kehidupan manusia. Mengapa kreativitas penting dalam kehidupan ini? Ada beberapa nilai penting kreativitas dalam kehidupan secara nyata sebagai berikut:
a.      Adanya kemampuan untuk melahirkan sesuatu yang baru yang berupa pikiran maupun karya nyata dalam mengerjakan persoalan hidup bagi orang kreatif. Dengan kreatifnya seseorang dapat melakukan pendekatan secara bervariasi dan memiliki bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu persoalan.
b.      Tingkat kualitas dari kinerja, karya, gagasan, dan perbuatan manusia dapat diantisipasi dari sejauh mana seseorang memiliki tingkat kreativitas tertentu.
c.      Suatu karya kreatif sebagai hasil kreativitas seseorang dapat menimbulkan kepuasan pribadi yang tak terhingga nilainya. Kreativitas penting untuk mengembangkan semua bakat dan kemampuan individu dalam pengembangan prestasi hidupnya.
d.      Dengan kreativitas tinggi yang dimiliki seseorang maka seseorang tersebut akan mempunyai pengembangan diri secara optimal. Mereka dapat mempergunakan ide-idenya untuk menciptakan kreasi baru demi kelangsungan hidup.
e.      Kreativitas penting untuk dipahami bagi para pendidik (guru) terutama dalam kaitannya dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik dan pengajar dalam membimbing dan “mengantarkan” anak didik kepada pertumbuhan dan perkembangan prestasinya secara optimal.
f.       Peningkatan Sumber Daya Manusia dalam era globalisasi dan era reformasi menunjukkan betapa pentingnya segi kreativitas diprioritaskan untuk dikelola dan dikembangkan secara optimal. Dan hal ini merupakan tantangan kepedulian serius bagi pihak terkait dalam pengembangan Sumber Daya Manusia, terutama dikalangan pendidikan.
g.      Akan lebih bermakna dalam tugas perkembangannya bagi para pelajar, apabila pengelolaan, pengembangan dan peningkatan kreativitas mencakup potensi akademik dan non akademik. Dengan itu, potensi-potensi kreatif siswa akan dapat tersalur dan teraktualisasi secara optimal.
h.      Kreativitas penting dalam proses belajar mengajar, terutama bagi guru. Guru diperlukan kemampuan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dan kondusif agar siswa terangsang untuk lebih ingin mengetahui materi, senang menanyakan, dan berani mengajukan pendapat, serta melakukan percobaan yang menuntut pengalaman baru. Hal ini penting bagi guru dalam kegiatan belajar mengajar dengan harapan agar siwa mendapat kesempatan untuk mengukir prestasi secara optimal.

C.            Pentingnya Kreativitas Dalam Berbisnis
Kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada. jadi anda bisa membayangkannya sendiri apabila kita tidak mempunyai kreativitas dalam berbisnis, kreativitas bisa kita ciptakan apabila kita sudah mempunyai gagasan yang positif, jadi kalau gagasan kita negatif itu bukan bentuk dari kreativitas. gagasan itu akan membentuk sebuah konsep yang pada akhirnya akan menghasilkan sebuah kreativitas.
sebenarnya gagasan itu sendiri lebih mengarah kepada dasar kemampuan atau pengetahuan seseorang akan ilmu yang dia miliki, bahkan menurut definisinya sendiri gagasan adalah suatu kekayaan intelektual seperti hak cipta atau paten. kita ambil sebuah contoh saja, misalkan kita mengikui sebuah bisnis internet yang sampai saat ini anda belum juga mendapatkan hasil, padahal anda selalu meluangkan waktu yang tidak sedikit di depan komputer, kira kira apa yang akan anda lakukan untuk mengatasinya?
apabila anda mempunyai kemampuan atau sebuah gagasan yang positif semua itu akan bisa teratasi, dan hasilnya akan terasa di kemudian hari, meskipun kadang tidaklah maksimal. ya kita maklumi saja karena kita ini dalam tahap belajar. salah satu gagasan yang posiif yaitu dengan cara kita mencari teman mungkin, yang bisa kia ajak diskusi, sharing dan berbagi ilmu, saling membangun konsep dan pada akhirnya nanti jika memang gagasan itu seimbang dan serasi maka suatu kreativitas akan muncul. dan hasilnya bisa di nikmati bersama. kreativitas dalam berbisnis tidak harus kita sendiri yang bergerak, belajar, dan bertanya. terus mencari hubungan teman akan mejadikan gagasan kita menjadi kuat.
dari gagasan yang kuat tersebut akan timbul konsep untuk membentuk sebuah kerjasana yang bisa di bilang kreativitas, anda bisa membayangkan apabila anda bekerja sendiri, gagasan yang anda miliki pastinya tidak akan sekuat seperi ketika kita bekerjasama dengan orang lain. jadi kesimpulannya adalah pentingnya kreativitas dalam berbisnis sangat berguna untuk kesuksesan kita bersama, dalam sebuah kerjasama untuk mendapatkan apa yang telah di sepakati dalan gagasan awal dan konsep awal. pentingnya kreativitas dalam bisnis sangatlah kuat dan sangat di butuhkan.



BAB III
KESIMPULAN
Kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada. Motivasi adalah sebuah alasan atau dorongan seseorang untuk bertindak. Orang yang tidak mau bertindak sering kali disebut tidak memiliki motivasi. Alasan atau dorongan itu bisa datang dari luar maupun dari dalam diri. Sebenarnya pada dasarnya semua motivasi itu datang dari dalam diri, faktor luar hanyalah pemicu munculnya motivasi tersebut.
kesimpulannya adalah pentingnya kreativitas dalam kehidupan sangat berguna untuk kesuksesan kita bersama, dalam sebuah kerjasama untuk mendapatkan apa yang telah di sepakati dalam gagasan awal dan konsep awal. pentingnya kreativitas dalam bisnis sangatlah kuat dan sangat di butuhkan. Dalam kehidupan ini kreativitas sangat penting, karena kreativitas merupakan suatu kemampuan yang sangat berarti dalam proses kehidupan manusia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar